SMART Expo 2011: Menyambung Kreativitas, Sosial, dan Wirausaha


glowupmagazine.com – SMART Expo 2011: Olimpiade Humaniora Lintas Nusantara selesai dilaksanakan hari ini, Kamis, 3 Maret 2011. Bertempat di Sekolah SMART Ekselensia Indonesia (SMART EI), acara yang digagas oleh Lembaga Pengembangan Insani – Dompet Dhuafa (LPI-DD) ini menampilkan berbagai macam kreativitas siswa sekolah menengah pertama maupun atas. Dari mulai kompetisi esai, folktales storytelling, debat, Opera van Jampang, pelatihan guru, orasi budaya, workshop, sampai penampilan kreasi musik oleh para siswa SMART EI LPI-DD.

Mengusung tema “Lintasi Nusantara, Kenali Indonesiamu”, LPI-DD berupaya menumbuhkan minat para peserta kegiatan maupun yang hadir terhadap pentingnya kedudukan keilmuan sosial dan humaniora dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, hal tersebut dinilai belum berkembang secara signifikan, khususnya di masyarakat Indonesia yang notabenenya adalah bangsa majemuk alias berlatar belakang banyak suku, ras, dan budaya. “Kami mencoba agar ilmu humaniora dan sosial mendapatkan tempat. Kalau ilmu eksakta, misalnya fisika, apa yang dikerjakannya sudah tahu. Tapi, banyak guru-guru yang bertanya, ilmu-ilmu yang mereka ajarkan itu (sosial/humaniora), mau dibawa ke mana,” jelas Haryo, ketua panitia SMART Expo 2011. Haryo, yang juga lulusan jurusan sejarah itu, melihat bahwa ada kesenjangan dalam disiplin keilmuan di Indonesia. Masyarakat lebih suka melibatkan diri pada ilmu-ilmu eksakta yang terkesan lebih populer (memiliki bidang pekerjaan yang pasti) dibandingkan dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Padahal, ilmu sosial maupun humaniora sangat mungkin untuk dikolaborasikan dengan pola kewirausahaan tertentu. Alhasil, ia menegaskan tujuan digelarnya SMART Expo 2011 ini adalah sebagai upaya bagaimana menyambung minoritas kreatif dengan mayoritas populer hingga tercipta sebuah keseimbangan penerapan keilmuan di lingkungan kita sehari-hari.

Cara mengenalkan serta menumbuhkan minat para siswa yang ikut serta dalam kegiatan SMART Export 2011 kepada ilmu sosial dan humaniora, salah satunya terlihat dari lomba debat SMP dan SMU mengenai berbagai isu yang sedang hangat atau mulai dilupakan di Indonesia. Tema-tema tersebut meliputi New 7 Wonders (Pulau Komodo), Candi Muaro Jambi, Benteng Sumba Opu, serta isu teranyar yang kini sedang menjadi pembicaraan banyak orang, khususnya bagi pecinta pesepak bolaan nasional, yakni carut-marut PSSI dan Nurdin Halid. Setiap tema adalah gambaran dari problematika yang dilematis di Indonesia, terkait dengan kepentingan banyak orang sehingga butuh pendekatan serta analisa yang menyeluruh untuk menyelesaikannya.

Para siswa juga menampilkan Opera van Jampang, sebuah pementasan lawak yang memang mengadopsi salah satu program serupa di salah satu televisi swasta, yakni Opera van Java (OVJ). Tampil pula grup yang menamakan dirinya “Fantastic.” Mereka adalah siswa SMP berjumlah lima orang yang memainkan musik perkusi dengan peralatan “serba guna”, seperti tempat sampah, botol kecap, wajan, bahkan paku. “Nyari sendiri aja. Denger dari suaranya,” tutur Beny, sang pemukul botol ketika ditanya bagaimana cara grup Fantastic mendapatkan ide untuk menggunakan barang-barang tersebut sebagai alat musiknya. Berbekal naluri itu, Beny (pemukul botol/melodi), Agung (bass/tong sampah), Roby (perkusi/kaleng), serta Ical dan Bayu di posisi rhythm (wajan), berhasil menerjemahkan berbagai lagu, seperti Ondel-Ondel, Kucing Garong, dan lainnya di atas panggung. “Satu lagi, satu lagi!” begitu teriak penonton sesaat setelah mereka menyelesaikan satu instrumental lagu secara penuh.

SMART Expo 2011 merupakan salah satu rangkaian kegiatan SATU SINERGITAS (Sinergi Satu Tahun Untuk Pendidikan Berkualitas) sekolah SMART EI LPI-DD. Selain SMART Expo 2011, LPI-DD juga akan menyelenggarakan Wisuda SMART EI, Seleksi Nasional SMART EI, Beastudi Etos (Temu Etos Nasional/TENS dan Seleksi Nasional Beastudi Etos), Makmal Pendidikan (Public Training Hari Guru), Sekolah Guru Ekselensia Indonesia (Seleksi Mahasiswa dan Wisuda SGEI), dan school social responsibility. Seluruh acara akan dilangsungkan sepanjang tahun 2011 ini.

sumber: http://glowupmagazine.com/2011/03/smart-expo-2011-menyambung-kreativitas-sosial-dan-wirausaha/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: