Apresiasi Produk Siswa: “Belajar Menjadi Kritikus Karya”


    “Terima KRITIKAN (masukan/saran) dengan kedua telingamu, karena itu bentuk kepedulian dan dengan itu kita belajar memperbaiki diri.
    Buka satu saja dari kedua telingamu untuk mendengar PUJIAN, karena setiap kita pasti banyak alpa dan kesalahan.”
    (Terinspirasi dari ungkapan seorang aktivis kampus)

Dalam pembelajaran atmosfer, kami membuat produk visualisasi lapisan-lapisan atmosfer. Siswa dibuat kelompok, membuat simbol dan gambar yang mewakii fungsi dan ciri masing lapisan atmosfer, kemudian kesemuanya digabungkan menjadi karya kelas (1 produk besar lapisan atmosfer).

Kelas VIIA dan VIIB ditantang untuk membuat dan menyusun produk lapisan atmosfernya menjadi yang terbaik. Terbaik menurut pilihan audiens (pemerhati karya).
Kedua produk didampingkan di mading sekolah, guru menyediakan kertas panjang untuk meminta memilih dan memberikan opini* atas pilihan masing-masing. Kritikus kami kali ini terdiri dari siswa dan guru (minus siswa kelas VII).

Opini mulai bermunculan (tertuliskan), dari yang singkat, puitis, melankolis (dijadikan ajang reuni dan nostalgia kelas VII-nya), bengis sampai sadis (garis keras, kritik tajam :))

Apa pun makanannya, eh.. opininya.. semgga disampaikan demi kebaikan dan membawa kebaikan.. aamiin..

Ini dia di antara opini kritikus karya SMART Ekselensia Indonesia:

“Jika dilihat, karya 1B banyak memperlihatkan gambar menarik, tetapi salah dalam penempelan gambar. Salju terjadi di area panas. Sedangkan kelas 1A meskipun kurang menarik tetapi informasi yang didapat lebih banyak dan tidak membingungkan orang yang melihatnya” (Jaya Hadi Saputra, kelas X)

“Tidak hanya menggambarkan lapisan atmosfer, kelas IA juga menggambarkan kejadian geografi yang bagus di atas permukaan bumi. Gambar-gambar yang ditempel tidak berantakan dan terkesan penuh ketelitian. Twu thumbs up 1A!” (Kurnia Sandi Girsang, kelas XII IPA)

“Visualisasinya sangat bagus, warnanya lebih cerah dan rata (apalagi bagian gabusnya). Meskipun didominasi oleh warna biru (namanya juga langit). Tidak menjemukan melihatnya. Apalagi meteornya benar-benar terlihat bagus meski – tidak terlalu berornamen (lebay) seperti kelas sebelah. Namun… sayangnya, yang 1A ini SANGAT miskin informasi (nama lapisannya saja tidak ada!!!) tapi, visualisasinya yang bagus menutupi kekurangan tersebut” (Genta Maulana Mansyur, kelas X)

“Gambar yang ditampilkan sangat banyak dan ramai warna juga menarik. Warna langit juga sesuai dengan kenyataan. Penjelasannya juga ditampilkan lebih variatif. Tapi yang kurang adalah nama lapisan. Secara keseluruhan, OK!!! Good Luck!! OH YEAH!” (Ibrahim Akhmad Isa, kelas XI-IPS)

“1A emang keren, terutama alumninya. Hahaha” (RI Matura, kelas XII-IPS)

“(IB) kelas gw dulu coy! Desainnya bagus, keterangannya lengkap, lebih rapi dan cihuy!” (Dede Junaedi Saputra, kelas XII-IPA)

“Nek aq milih seng kelas 1B… Karyane manteb”… kreatif”… bpocahe… gambarne yo apek-apek kabeh… pokok’e manteb lah…” (M.S. Jayeng Basundoro, kelas XI-IPS)

“Karena lebih lengkap, lebih jelas, lebih sempurna, lebih mudah dimengerti and membuat semua orang mengaguminya. Membuat otak menjadi berbunga-bunga.” (Abdussomad, kelas VIII-A)

“Visualisasinya mudah dimengerti hanya dengan melihat gambarnya tanpa membaca keterangan. Keterangan pun lengkap dan gambarnya membuat siapa pun yang melihatnya tertarik untuk mempelajarinya (jangan lupa hadiahnya)…” (Ahmad Dzul Faiq Murtadlo, kelas XII-IPA)

“Pewarnaannya cerah, sehingga memberi kesan yang sangat baik. Untuk informasi cukup baik dan cukup lengkap. Untuk boneka saljunya imut banget!!” (Fadlillah Mulyana, kelas VIII-A)

“Cukup baguslah untuk seumuran mereka” (Ufrizaldi, kelas XI-IPS)

*opini terbaik mendapat hadiah kecil sebagai ucapan terima kasih.
Opini terbaik dipilih oleh guru-guru dan staf yang berkenan berpartisipasi..


Terima kasih semuanya..

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: