Stop Press!! Pembelajaran Kolaboratif (Bindo & Sosial PKn): “Belajar di UI, berdo’a Masuk UI”


Subhanallah..

FOR ME IT JUST LIKE ‘EXPECT THE UNEXPECTED’*Β  (THANK yOU ALLAH..)

Akhirnya Tiba juga masa bercengkrama kembali dengan siswa-siswa hebaT dan seru saya, angkaTan 7 (plus 3 angkaTan 6).

===

Teman, kali ini guru-guru SMART EKSELENSIA INDONESIA (UsTzh. ReTno, UsTzh. Vera dan UsT. Firman) mengajak siswa-siswanya (kelas VIII) unTuk sTudi wisaTa ke UniversiTas Indonesia, Depok.

Saya -yang noTabene Tidak mengajar angkaTan ini (Tahun ini)- dan UsTzh. Dina juga dapaT kesempaTan unTuk ‘jalan-jalan’ bareng siswa….. saya di Tahun lalu.

===

SeTelah prosesi keberangkaTan yang cukup menegangkan plus hebohπŸ™‚. 3 armada yang menganTar kami menghenTikan lajunya di zona parkir Masjid UI (MUI).

KegiaTan awal kami yaiTu mengunjungi perpusTakaan nan megah (pula) masih gress alias baru (diresmikan 13 Mei lalu). Di perpusTakaan -yang punya jargon “THE CRYSTAL KNOWLEDGE”- ini, kami disambuT oleh Tim perpusTakaan dan segera bersiap menyimak paparan gamblang TenTang sisTem dan fasiliTas di perpus -yang diklaim- Termasuk salah saTu perpusTakaan Termegah se-Asia bahkan di dunia.

Perpustakaan UI mengimpor pohon BAOBAB (The Prehistoric Giant Tree from Africa-Madagaskar), Sumber: nationalgeographic.co,id

Rak demi rak Tak semua dapaT kami jelajahi (banyak euy..). mm… TernyaTa berjalan di anTara rak-rak ilmu (yang memang seru) jadi Tambah seru ya kalau bareng sama orang-orang yang kiTa ‘seru-i’ (???).

Nah, pas Tur keliling-liling ini ada kejadian Tak Terduga!! Bukan buku anTik yang menggeliTik Tangan unTuk menyenTuhnya.. melainkan sebuah ruang yang penuh misTeri keTika dipijak oleh orang-orang yang kurang TepaT (berunTung??).

Mr. x dan Mr.Y, Mr. O dan Mr. Y -lah ‘korban’-nya.. KeTiganya Terpaksa menjadi penghias koridor selama beberapa saaaT demi memenuhi keisengan Teman-Temannya yang mengunci mereka di dalam koTak kaca yang dimaksudkan unTuk memajang benda-benda koleksi perpusTakaan.

(Duh, sebenarnya ada dokumenTasinya c (ada foTo n videonya).. cuma…… nda’ Tega upload-nya..πŸ™‚ (berkenan kah beliau-beliau??))

===

Performa Bindo menanTi.. KRITIK KARYA SENI!!

Pembagian kelompok berlanjuT dengan pemisahan Tim ke 4 TiTik (perpusTakaan, fakuTas hukum, balairung, dan masjid UI).

Saya dan UsTzh Dina berkesempaTan mendampingi siswa ke Balairung. Area yang TerbaTas akses dan benda seni-nya Tak menghambaT kreaTiviTas Tim pengriTik kami.. Lari sana lari sini, lompaT sana lompaT sini!! Huah.. seTelah diselidik, kelihaTannya memang Tim ini yang paling ‘akTif’πŸ™‚

SaaTnya beraksi.. Kamera menanTi objek bergeraknya. Masing-masing siswa Telah siap dengan maTeri deskripsi, saran dan kriTik Terhadap benda yang dianggap bernilai seni.

Tim Balairung mau foto di atas karya seni unik ini, eh.. ternyata nda’ oleh- tidak boleh.. he..

Para hosT beraksi, iklan pun Tak lupa ‘menengahi’ (menyela -alias lewaT-lewaT- di saaT pengambilan gambar).

(HADUUUHHHH… Ya, biar dehh.. yang penTing hepiiii.. :))

===

SekelumiT kisah dalam perjalanan pulang:

“UsTzh, kenapa usTzh g’ jadi wali kelas IB lagi?” Salah seorang siswa yang duduk di jok belakang saya Tiba-Tiba berTanya.

“mm…. kira-kira kenapa?” saya balik berTanya.

Mendadak Zikri ‘menyelinap’ dalam perbincangan, “soalnya siswanya nakal-nakal..” he2.. (kalimaT diTuTup dengan Tawa khas Urang Minang yang hobinya menyanyi iTu.

( Thank you so much 4 asking..Β πŸ™‚ )

πŸ™‚

===

*when my fellow Teacher asked me To join in The Trip To UniversiTy of Indonesia wiTh Them

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: