PKn – Produk Proklamasi: “Diary Hiroshima – Parson ‘Sang Pemantik Bom Atom’ “, oleh; Yoga Rikhaldi Putra


Setelah menonton film dokumenter “Hiroshima”, siswa kelas VII membuat tulisan berupa diary yang menceritakan peristiwa dan perasaan ‘saksi mata’ peristiwa pengeboman Jepang oleh tentara sekutu (Agustus 1945).

Ini salah satu di antara karya siswa kami, Yoga RIkhaldi Putra dari RIau. Yoga memilih tokoh yang bernama Parson, seorang yang bertugas sebagai penentu berhasil/tidaknya bom atom mengahncurkan Hiroshima.

nb: Selain Yoga, siswa lain mendapat tugas yang sama. Tokoh yang dipilih sesuati dengan hasil ‘suit’ dengan temannya. (yang menang boleh menentukan, memilih menjadi saksi dari pihak Jepang atau Amerika/sekutu). Tokoh yang dipilih boleh sebagai pejabat/pemimpin atau sebagai rakyat biasa.

Mudah-mudahan karya lainnya bisa ditampilkan juga di kemudian hari ya, teman..

Selamat membaca.. 🙂

===

6 Agustus 1945

Hari ini! 02.00 am.

Saya telah mengakhiri Perang Dunia ke II bersama teman-teman saya di Enola Gay. Sekitar 6 jam dari pelabuhan Tinian saya khawatir dan takut bercampur pada saat mengaktifkan bom yang sangat berbahaya. Awalnya saya mengaktifkan bom, saya sudah merasa bahwa bom itu takkan menyala. Sekitar jam 18.15 (maksudnya 08.15, red) saya dan teman-teman saya tiba di Hiroshima dan memulai aksi dan memakai kacamata dan siap untuk mengakhiri perang dan memulai lebaran baru untuk dunia.

Semua sudah siap dan Enola Gay juga sudah siap membawa kami jauh dari pusat pem-boman, tepat di bawah jembatan berbentuk T bom diajtuhkan. Bom yang mengubah dunia ini.

Teman saya berteriak, “pasang kacamata kalian!” dan kami memasangnya.

Hanya 43 detik bisa menjauh dari pusat pengeboman. Jantung berdebar-debar, “apakah bom yang bisa mengakhiri dunia ini bisa aktig atau tidak”

setelah 43 detik bom meledak dengan sangat dahsyat dan hati saya pun lega. Dan dunia menjadi dunia yang aman dan makmur.

Saat pulang dari Hiroshima, saya disambut dengan para pilot dan awak kapal. Saya sangat senang dan saya diberi gelar, dan akhirnya presiden sangat bangga kepada kami dan dunia memulai lembaran baru.

“Perang Dunia ke-2

sudah berakhir”

tertanda

Parson

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: