Sekilas Tentang Sekolah Kami: SMART Ekselensia Indonesia (2011-2012)


Agak kurang yakin juga ni, bisa menceritakan dengan baik dan tepatkah? (saya coba dulu ya, mohon saran dan masukannya)

Start: Ahad, 13 November 2011

==

First Sight (Kesan Pertama saya)

Awal mengenal sekolah ini, ya, waktu saya dipanggil untuk melakukan tes (psikotes), kalau nda’ salah hari Jum’at, 27 Juli 2007.

Taman SMART EI (2008), Di sini, di bangku panjang menghadap taman in, menunggu tahapan tes berikutnya, pertama kali saya berpikir, "akankah saya menjadi bagian dari sekolah 'besar' ini?", rasanya begitu hijau, luas, 'besar' dan semakin saya merasa begitu 'kecil'. '🙂

Sekolah yang lay outnya baru saya temui di sini. Luas, dengan gedung berarsitektur -seperti- gedung zaman Hindia Belanda. (Setelah beberapa waktu baru saya ketahui bahwa komplek Bumi Pengembangan Insani ini awalnya adalah ‘peninggalan’ sekolah berasrama, Madania).

Kegiatan di pagi hari yang ‘sejuk’

Siswa SMART Ekselensia Indonesia telah terjaga sebelum adzan Shubuh berkumandang. Ustadz wali asrama membangunkan siswa kami sekitar pukul 03.30. Beberapa ustadz juga sekaligus mengajak siswa untuk mendekatkan diri pada Allah dengan melaksanakan sholat tahajud (Qiyamul lail). Khusus di hari Senin dan Kamis (dan bulan Ramadhan), siswa dibangunkan lebih awal untuk makan sahur*.

Sejuknya pagi menemani Sholat Shubuh berjamaah dilanjutkan dengan dzikir bersama siswa-siswa bersama ustadz-ustadz yang tinggal di asrama. Dengan kantuk yang masih tersisa, sebagian memutuskan untuk memejamkan mata sejenak di dalam Masjid, sementara sebagian besar siswa beranjak menuju kantin untuk mengisi perutnya dengan sarapan pagi.

Di hari libur, jumlah beberapa orang yang memutuskan tinggal di Masjid -setelah sholat dan dzikir- menjadi bertambah beberapa angka. Mereka dihadapkan pada pilihan untuk melanjutkan tilawah atau melanjutkan episode alam bawah sadarnya.🙂

Siap* ke Sekolah

*kalau siswa saya bilang, “SIAP” itu artinya SUDAH, jadi saya ubah ya.. (10 JAN 2012)

PERSIAPAN KE SEKOLAH

Siap berangkat walau mata rada berat🙂 - Angkatan 6 (Okt, 2009)

Setelah sarapan, siswa bergegas melaksanakan aktivitas pagi berikutnya. Melakukan tertib pengantrian untuk membersihkan diri, bertugas piket kamar dan asrama, mematut diri di depan cermin, serta ‘ritual’ persiapan lainnya.

(mungkin menyiapkan PR yang belum selesai, memastikan produk pribadi/kelompok sudah siap dibawa, mencari kaus kaki, mengemas buku, topi, de el el)

==

(Alhamdulillah, liburan ini ada kesempatan melanjutkan cerita tentang sekolah kami tercinta.. Kini, Senin pagi nan mendung menjelang cerah, 10 Januari 2012)

APEL PAGI

Apel Pagi hari Selasa (dicirikan dari seragam biru yang dikenakan guru-guru :))


Kegiatan resmi sekolah kami di setiap pagi ya.. APEL PAGI.. (Selain Upacara di Senin pagi)

Tempat pelaksanaan

  1. Tempat normal Apel Pagi kami yaitu LAPANGAN PARKIR (halaman utama) gedung Lembaga Pengembangan Insani
  2. Kalau hujan, maka kami memiliki alternatif, yaitu.. KORIDOR SEKOLAH ATAS (barisan menjadi lebih ramping, demikian juga dengan jumlah petugas apel-nya)
  3. Kalau lapangan digunakan untuk kendaraan besar parkir, atau ada even/acara tertentu yang ‘berdomisili’ di lapangan apel kami, maka kami pun ‘mengalah’. Apel pagi kami akan dilaksanakan di HALAMAN MASJID AL-INSAN tersayang🙂

Waktu Pelaksanaan

Dahulu bel dibunyikan pukul 06.45 (waktu/jam kerja/titik) awal jam sekolah. Kami (segenap siswa dan guru) akan bersiap di lapangan apel. Kurang lebih persiapan ini memakan waktu 3-5 menit. Praktis Apel Pagi kami berlangsung kurang-lebih 10-12 menit ‘saja’.🙂

Kini, kami membenahi diri, berusaha meningkatkan efektivitas dan kualitas Apel Pagi kami..

Kalau tidak salah, sejak akhir tahun ajaran 2010-2011, kami mulai melaksanakan Apel Pagi lebih PAGI. Bel dibunyikan tidak lagi pukul 06.45. Petugas piket/guru yang berwenang/bertugas akan menekan tombol BEL pukul 06.42, sehingga ada waktu cadangan untuk menyiapkan diri dan barisan.

Dengan perjalanan waktu dan evaluasi, di tahun ajaran 2011-2012, DERING PAGI pertama sudah akan terdengar di angka jam 06.40. Ini berarti:

  1. siswa (yang belum tiba di sekitar lapangan apel) akan sudah bergegkas, berlari, bersegera untuk memastikan dirinya tiba sebelum BEL KEDUA dibunyikan (pkl. 06.45)
  2. guru-guru pun akan bersegera, berangkat lebih awal dari rumah masing-masing lebih awal, agar tidak terdahului oleh ‘Sang DERING’

Petugas

Siswa yang bertugas dalam apel pagi, bergantian dari satu kelas ke kelas lain, berurutan berdasarkan level/tingkatan kelas. Setiap anggota ‘keluarga’ kelas yang bertugas, akan menyusun atau mengikuti urutan petugas yang telah disusun selama 1 pekan. Petugas Apel Pagi kami terdiri dari:

  1. Pembawa Acara (MC)
  2. Pemimpin Apel
  3. Pembaca IKRAR MUSLIM SEJATI

kalau UPACARA SENIN pagi, maka petugasnya ditambah:

  1. Pembaca JANJI SETIA SISWA SMART EKSELENSIA INDONESIA
  2. Konduktor (dirigen) yang memimpin seluruh peserta untuk menyanyikan MARS SMART EKSELENSIA INDONESIA
  3. Petugas Tahfizh Qur’an (hafalan surat pendek atau potongan surat dalam Al-Qur’an)
  4. Pembaca DO”A

Oya, mulai tahun ajaran ini, kami mengadakan Upacara Bendera. Sebulan sekali, di pekan pertama. Untuk pekan khusus ini, petugasnya ditambah lagi:

  1. Pembaca teks UUD 1945
  2. Pembawa teks PANCASILA untuk diberikan kepada Pembina Upacara
  3. Petugas PENGIBAR BENDERA (3 siswa)

Pembina Apel

Guru-guru telah mendapat jadwal untuk menjadi Pembina dalam Apel Pagi. Jadwal ini disusun oleh Ustd/zh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Hal yang membuat susunan ini agak berbeda (mungkin) dengan Apel Pagi di tempat/sekolah lain, seperti berikut ini:

  1. SENIN: Pembina Upacara Senin Pagi adalah Kepala Sekolah SMP, SMA, Ketua Asrama dan Manajer sekolah kami (bergantian beliau menyampaikan taushiyahnya berdasarkan jadwa/shift yang telah disusun)
  2. SELASA: Pembina Apel kami di setiap Selasa adalah SISWA kami sendiri.. Siswa yang telah dijadwalkan, akan menyampaikan CERITA tentang BUKU YANG TELAH DIBACA. Kami biasa menyebutnya denganBook Sharing‘.
  3. RABU: masih dengan aktivitas booksharing. Bedanya siswa ‘diharapkan’ menyampaikannya dalam bahasa Inggris. (praktiknya, masih campur-campur🙂, ada yg 100% sampai dengan 10% :))
  4. KAMIS: ini adalah hari di mana GURU yang DEG-DEGan.. alias nervous alias grogi.. Pasalnya, di hari kamis, guru yang namanya ada di jadwal akan menyampaikan taushiyah atau cerita bukunya dalam BAHASA INGGRIS!! (serem juga.. !! anyway this is a ‘SERU‘ chance for us. Ini adalah sarana belajar praktik speaking, sebagai ‘tes’/aplikasi hasil belajar dalam kursus bahasa Inggris kami..🙂🙂 – catatannya: kami pun masih mencampur bahasa, dengan 2 pilihan tujuan. Pertama, untuk mempermudah pemahaman peserta apel. Kedua, karena… ‘sebab lainnyaa’.. 🙂
  5. JUM’AT:

(13 nov 2011) it just d beginin’. Hopefully I have chance to write more n more about ours, “Keluarga besar SMART Ekselensia Indonesia”

*Alhamdulillah -rata-rata- sekitar lebih dari 50% siswa melaksanakan puasa Sunnah Senin-Kamis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: